Kontak Kami

( pcs) Checkout

Senin - Jumat : Jam 08.00 s/d jam 17.00 , Sabtu : Jam 08.00 s/d 14.00
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Instalasi Genset

Cara Instalasi Genset

Diposting pada 13 December 2016 oleh admin
Generator listrik yang portabel atau biasa disebut juga dengan nama genset tentu memberikan banyak manfaat saat lampu di rumah sedang padam. Generator ini merupakan sebuah mesin di mana berfungsi untuk menghasilkan sumber daya listrik. Dalam hal ini, generator bisa dijadikan sebagai sumber aliran listrik yang sementara ketika listrik di rumah sedang padam. Namun tak sedikit orang yang berminat untuk memasang generator di rumahnya namun belum mengetahui bagaimana instalasi genset dengan tepat. Untuk kali ini, kita akan membahas mengenai pemasangan generator secara sederhana melalui rangkaian otomatis dari Relay Omron.

\r\nInstalasi dan Merangkai Genset Dengan Mudah\r\n\r\nRelay Omron di sini berfungsi memindahkan sumber aliran listrik di mana asalnya untuk menyambung mesin generator, saat listrik PLN menyala kembali dengan otomatis akan berpindah menuju saluran PLN. Sehingga Anda pun tak perlu cemas jika kelupaan untuk mematikan genset saat listrik PLN sudah kembali menyala. Untuk merangkai sistem otomatis pada generator ini memerlukan beberapa bahan, di antaranya sikring otomatis, boz sikring, terminal kabel, relay omron, papan kayu, kabel NGA, dan soket relay. Anda bisa menempatkan alat-alat tersebut dengan tepat.\r\n\r\nUntuk memudahkan dalam sistem pengkabelannya, Anda bisa memberikan nama di masing-masing terminal. Jika Anda masih ragu untuk melakukan instalasi genset dengan tepat bisa meminta seseorang yang ahli dalam bidang ini. Sehingga Anda pun tidak salah dalam penginstalannya. Namun sebelum di coba, Anda terlebih dulu harus memastikan rangkaian yang dipasang apakah telah sesuai ataukah belum. Adapun caranya dengan mematikan sumber aliran listrik dari PLN lewat MCB. Lalu hidupkan genset, kemudian listrik pun menyala pada sumber aliran listriknya. Jika sudah, Anda  bisa menghidupkan lagi sakelar pada MCB PLN. Jika rangkaian tersebut sudah tepat, generator pun mati secara otomatis aliran listrik pun berpindah menuju PLN.\r\n\r\nTrik Aman Memakai Genset\r\n\r\nDi samping cara instalasi yang harus benar ketika memasang generator, hal yang tak boleh dilupakan bagi pemilik genset adalah penggunaannya yang tepat dan aman. Mempunyai listrik berlisensi ketika menginstal generator milik Anda tentunya bisa melindungi keselamatan dan keamanan di rumah Anda. Untuk menggunakan dan memakai generator yang benar-benar aman tentu wajib mengikuti aturan dan cara yang sudah ada dengan menghubungkan generator menuju stop kontak di rumah Anda. Adapun beberapa tips dan trik aman memakai generator di antaranya :\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

\r\n

1.   Hindari Memasang Generator Portabel di Stopkontak
Dengan memasukkan generator di stopkontak umumnya dapat memudahkan matinya jaringan listrik serta bisa melukai pekerja utilitas maupun tetangga di rumah Anda. Solusinya hubungkan peralatan pada kabel luar menuju outlet tempat generator.
2. Hindari Menghubungkan Generator Secara Langsung Pada Kabel Rumah
Dengan menghubungkan generator listrik portabel secara langsung pada kabel rumah bisa berakibat fatal untuk Anda maupun orang lain. Generator yang terhubung langsung pada rumah bisa memberikan umpan balik menuju saluran listrik menuju rumah Anda. Selain itu hal tersebut pun bisa mengakibatkan kerusakan yang begitu fatal pada peralatan utilitas listrik maupun generator Anda. Adapun solusi yang aman dan tepat adalah mempunyai kontraktor listrik yang berlisensi memasang saklar transfer.
3. Hindari Membebani Generator Anda
Jangan pernah mengoperasikan berbagai macam peralatan, di mana melebihi daya output yang berasal dari generatorAnda. Di mana pemakaian generator secara overloading bisa merusak berbagai peralatan maupun elektronik berharga Anda di rumah. Dalam hal ini Anda harus memprioritaskan keperluan Anda. Generator listrik yang portabel seharusnya dipakai hanya jika diperlukan saja, dan biasanya hanya untuk peralatan dengan daya seperlunya yang benar-benar penting.
4. Hindari Menyimpan Generator di Ruangan Yang Berbahan Bakar
Untuk menyimpan generator yang berbahan bakar ini sebaiknya simpan di tempat yang aman, hindari menyimpannya di area yang memiliki bahan bakar. Ketika Anda sedang mengisi bahan bakar untuk generator sebaiknya hindari dari sumber api maupun rokok. Pastikan Anda selalu menerapkan alat pemadam kebakaran di area yang berdekatan dengan lokasi pemasangan generator.
5. Baca Segala Aturan dan Petunjuk Produsen Generator
Saat Anda memasang generator, sebaiknya patuhi segala tata cara dan aturan pemasangannya. Patuhi segala instruksi pemasangan generator portabel yang dimiliki. Dengan begitu Anda dan keluarga pun akan terhindar dari bahaya pemasangan genset yang salah.

Bagikan informasi tentang Cara Instalasi Genset kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Instalasi Genset | JUAL GENSET

Belum ada komentar untuk Cara Instalasi Genset

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 4%
Rp 91.500.000 Rp 95.000.000
Ready Stock / YH016
OFF 15%
Rp 5.100.000 Rp 6.000.000
Ready Stock / HG001
OFF 4%
Rp 22.500.000 Rp 23.500.000
Ready Stock / HD010
SIDEBAR